Siap siap Nge-Kost!

Apakah kamu mahasiswa baru yang datang dari luar kota? Untuk keberlangsungan kuliahmu beberapa tahun kedepan, sudahkah kamu mencari tempat kost? Kalau belum, ayo buruan mencari! Kost bukan sekedar tempat buat tidur, lo. Bagi mahasiswa, kost adalah tempat tinggal paling nyaman untuk belajar dan beristirahat.

Kamar kost bakal jadi saksi bisu segala macam perjuanganmu di kota rantau kelak. Kamar kost yang baik adalah kamar yang bisa memberikan kenyamanan dalam belajar, kumpul bersama teman, dan aktivitas lainnya. Maka dari itu, temukan tempat kost yang dirasa cocok untuk kegiatan sehari hari. Ini dia tips-nya:

1. Lokasi
Carilah lokasi yang strategis dan dekat dengan kampus. Kost yang dekat dengan kampus, tidak hanya mempermudah aktivitas ngampus, tetapi juga akan memangkas biaya dan waktu berangkat ke kampus. Selain itu, pikirkan juga akses menuju kostmu. Adakah kendaraan umum, lebar atau sempitkah jalan menuju tempat kost? Dan yang paling penting, apakah kostmu dekat dengan jalan raya, warung makan, tukang jual pulsa, loundry, fotokopi, dan tempat wajib lainnya.

super kost
2. Budget
Sesuaikan harga kost dengan budget yang disediakan orang tua. Jangan terlalu maksa dengan lebih memilih tempat kost yang mahal. Toh, tempat kost berfasilitas mewah belum tentu bikin prestasi kuliahmu jadi lebih tinggi kan?. Sekedar info, untuk harga kost di kota kota besar seperti Semarang, Surabaya, Jogjakarta, dan Solo, sewanya bervariasi antara 200 ribu – 400 ribu setiap bulannya. Sedangkan untuk kota Jakarta dan Bandung bisa sampai 400 ribu keatas. Tapi tenang aja kok, yakinlah untuk mendapat harga kost yang miring. Asal kita pintar pintar aja untuk mencarinya. Yap, kamu bisa berkelana untuk mencari pembanding. Enak kan jika ketemu kost dengan harga lebih murah tapi fasilitas sama.

uang
3. Fasilitas yang tersedia
Harga berbanding lurus dengan kualitas. Begitu juga dalam dunia kost – kostan. Kost yang “berkualitas” punya fasilitas lengkap seperti kamar mandi didalam, pendingin ruangan, dsb. Sedangkan, untuk yang kelas medium ada lemari, kasur, dan kamar mandi diluar. Teliti juga harga sewa yang ditetapkan pemilik kost, jika harga sewa mahal tetapi fasilitas kurang lengkap kamu bisa membandingkan dengan kost lain dengan harga sama tapi kualitas bagus.

Kost karyawan  karyawati, di kawasan Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan
4. Kondisi sosial kost
Nah, ini juga penting sob! Perhatikan orang satu kost, apakah mereka dari kalangan pelajar atau pekerja? kalau perlu bertanya saja dengan pemilik kost tentang para penghuni kost. Ada baiknya kamu mencari tempat kost dengan teman yang satu jurusan denganmu, selain bisa lebih kompak, kamu bisa sekalian meng up-date berita terbaru seputar kampus, atau juga gosip gosip terbaru dari kampus. Hehehe.
Oia, sebelum kamu tawar menawar harga kost dengan pemilik kost, ada baiknya kamu bertanya juga tentang peraturan kost. Terkadang ada kost yang membutuhkan uang tambah ketika kamu membawa alat elektronik, peraturan tentang jam malam, dan boleh atau tidak membawa teman cowok/cewek untuk main ke dalam kost.

IMG_1501
5. Keamanan
Keamanan adalah syarat mutlak dalam pemilihan kost. Banyak lo teman teman mahasiswa yang kehilangan motor, helm, laptop, dan barang berharga lain. Sedih banget pasti kan? Nah, maka dari itu cari dan pahami lingkungan di sekitar kost. Lokasi dengan tingkat kejahatan tinggi bakal membuat peluang kejahatan terbuka lebar. Cari kost dengan lingkungan sosial yang aman dan jarang terjadi kejahatan. Tips aman ini juga penting untuk mahasiswi yang kudu tinggal jauh dari ortu. Apalagi kalo misalnya pulang kampus kemaleman. Bisa bahaya tuh!

64226250_53e2c591f2b72

Semoga bermanfaat!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s