10 Tokoh Penjahat Terbaik Sepanjang Masa

tumblr_lzjmadEEHY1qd9jlto1_1280

Film yang berkualitas tak lepas dari pemeran antagonis dengan karakter yang kuat. Saking kuatnya, tokoh villian (penjahat) terkadang malah mampu mengalahkan kharisma dari pemeran utama film itu sendiri. Figur figur ini seringkali membuat penonton marah, bergidik, kesal, bahkan kagum karena kedalaman peran yang ditunjukan oleh sang aktor. Nah, berikut ini adalah 10 tokoh villian dari 10 film yang berhasil saya kumpulkan. Beberapa diantaranya sempet dapat penghargaan di film mereka masing masing. Langsung aja kita simak…

10. Green Goblin

2013908-mv5bmja4mdc2mja0nl5bml5banbnxkftztywntu3nty3._v1._sx485_sy293_

Green Goblin adalah karakter jelmaan dari Norman Osborn (Willem Defoe) yang merupakan musuh bebuyutan Spider-Man di film Spider-Man (2002). Norman Osborn adalah industrialis kaya pemilik perusahaan senjata Oscorp. Karena tuntutan pemerintah, Norman mencoba formula baru untuk proyek super soldier yang belum pernah diujicobakan ke manusia, tapi yang terjadi doi malah berubah jadi lebih pintar, kejam, dan menakutkan. Green Goblin tak segan segan menyingkirkan siapapun yang menghalanginya, salah satunya adalah Spider-Man sang Key of the City.

Hal yang tersulit bagi Spider-Man untuk membasmi musuhnya ini adalah Green Goblin selalu menyerang kehidupan pribadi Spider-Man, dengan slogan “First, we attack his heart-nya” membuat Spider-Man kebingungan memilih antara menyelamatkan warga kota New York atau menolong kekasihnya, Mary Jane. Tidak hanya itu, Norman Osborn adalah ayah dari sahabat baiknya Peter parker, Harry Osborn Walaupun Spider-Man berhasil menyingkirkannya, peran Green Goblin diwariskan sahabatnya itu.

9. Commodus

gladiator-joaquin-phoenix-commodus

Commodus sangat kejam, dia berani membunuh ayahnya sendiri demi ambisinya untuk mendapatkan tahta ayahnya yang seorang caesar. Commodus (Joaqium Phoenix) adalah tokoh antagonis dari film bersetting zaman Romawi kuno, Gladiator (2000). Commodus tak segan untuk menyingkirkan tokoh kerajaan yang tak sejalan dengannya, salah satunya Maximus (Russel Crowe). Dengan cara membakar hidup hidup keluarganya. Hiii… Kejem bener.

Saat dia berkuasa, salah satu hoby-nya adalah mengadakan pertunjukan Gladiator. Nah, konflik pun mulai memuncak ketika salah satu gladiator adalah Maximus. Untuk membalaskan dendam atas kematian keluarga tercintanya, Maximus menantang sang caesar untuk bertanding melawannya di dalam arena gladiator.

8. Hannibal Lecter

hannibal

Kedahsyatan peran Dr. Hannibal Lecter (Sir Anthony Hopkins) membuat karakter ini menjadi tokoh penjahat yang paling berpengaruh dalam sejarah film. Dia adalah psikopat brilian, pembunuh berantai, figur kanibal yang tidak mungkin terlupakan. Dalam film ‘The Silence of the Lambs‘ (1991), si pemakan manusia ini sanggup membuat penonton tercekam dalam kengerian tanpa banyak beradegan. Tercatat dirinya hanya tampil selama 16,5 menit sepanjang film. Sebuah durasi terpendek untuk peraih Piala Oscar. Ia adalah karakter psikopat kompleks yang bisa dicintai, dibenci, ditakuti, dan dikagumi pada saat yang sama.

7. Davy Jones

Davy_Jones

Dilihat mukanya yang mirip sama cumi cumi, pasti kalian langsung pada tau kan? Dialah musuh besar Jack Sparrow di film Pirates of the Carribean (2007). Davy Jones adalah kapten kapal Flying Dutchman, seorang bajak laut kejam, yang hanya bisa menginjak daratan selama 50 tahun sekali.

Davy Jones tak bisa mati karena dia memiliki jantung yang terpisah dari tubuhnya. Selain itu, para korbannya akan diasingkan ke dalam daerah antah berantah bernama Davy Jones Locker. Suatu tempat tandus dimana tidak ada apa apa disana. Dia juga memiliki ‘hewan peliharaan’ bernama Kraken, yaitu seeekor gurita raksasa yang sanggup menelan sebuah kapal… Wow. Kraken dipanggil oleh Davy Jones bila ada musuh yang macam macam dengannya.

6. T-1000

Byung-hun-Lee-Will-Play-Robert-Patricks-T-1000-In-Terminator-Genesis

T-1000 adalah robot dari masa depan dalam film Terminator 2 (1991). Robot ini bersifat lentur sehingga kebal terhadap segala jenis senjata. Bayangkan saja ditembak ga mati… di bazooka ga mati. Trus dibakar sampai meleleh.. menyatu, trus hidup lagi. Gregetan deh nonton film-nya.

Tujuan dia datang menuju masa lalu adalah membunuh John Connor, seseorang yang diramalkan akan menjadi pemimpin dunia ketika dunia diambil alih oleh mesin. Namun, robot lain juga dikirim untuk melindungi Connor.

5. Agen Smith

6a00d8341bf90553ef017d3ea66962970c

Apa yang membuat Agen Smith begitu menakutkan? Dia bukan robot, dia adalah sosok tidak nyata yang kekuatannya terus bertambah tanpa batas di dunia matrix. Agen Smith bisa mengubah bentuknya jadi siapapun sesuka hati, termasuk memperbanyak tubuhnya saat bertarung dengan Neo dalam film Matrix Reloaded (2003). Seperti hantu saja, dia juga bisa pindah dari satu tubuh ke tubuh lainnya. Karakter Agen Smith yang selalu menggunakan setelan jas dan kacamata hitam ini memiliki mimik wajah yang tak pernah tersenyum. Kedahsyatan bertarungnya membuat Neo, Morpheus, dan Trinity kewalahan.

4. Lord Voldemort

LORD_VOLDEMORT

Begitu menakutkannya, hingga nyaris seluruh orang di dunia sihir tak ada yang berani menyebut nama tokoh yang satu ini. Dia hanya dipanggil dengan sebutan “You-Know-Who” atau “He-Who-Must-Not-Be-Named”. Bahkan oleh pengikutnya sendiri dia dipanggil dengan julukan “The Dark Lord”. Nama ‘Veldomort’ diambil dari nama aslinya, yaitu ‘Tom Marvollo Riddle’. Penyihir paling berbakat dari Salazar Slytherin, sekolah sihir Hogwarts, menjadi jahat karena kejeniusannya sendiri. Dia memiliki kekuatan tanpa tanding sehingga dirinya diyakini sebagai ‘The most powerfull dark wizard has ever lived’. Satu-satunya orang yang diramalkan bisa mengalahkannya adalah Harry Potter

3. Darth Vader

Darth-Vader-darth-vader-17490945-1024-768

Tak dapat dipungkiri bahwa film legendaris Star Wars (1983) bertumpu pada satu tokoh bernama Darth Vader, Tameng dan topeng hitam, serta Lightcyber merah membuat sosoknya begitu berpengaruh sebagai karakter utama yang menakutkan. Dia dikenal sebagai ‘Dark lord of the Sith’, dan pemimpin otoriter dari ‘Galactic Empire’. Figurnya kental dengan aura yang gelap, dan tanpa ampun dalam menghancurkan ‘Jedi’ dan ‘Rebel Alliance’.

Darth Vader terkenal dengan suaranya yang berat, deru nafasnya yang seperti mesin, serta penampilanya yang mengesankan (6 kaki 8 inchi). Salah satu hal yang menarik darinya adalah masa lalunya yang begitu misterius. Hanya satu orang yang bisa menandingi kehebatan pedang dari sang maestro, yaitu Luke Skywalker, putra kandungnya sendiri.

2. Joker

Joker-Batman-Art-1920x1200

Pasti kalian setuju memasukkannya ke dalam 10 tokoh penjahat terbaik sepanjang masa? Joker adalah musuh abadi Batman. Seorang psikopat gila yang hanya ingin melihat kota Gotham kacau sambil tersenyum. Dalam film The Dark Knight (2008), dia dengan cerdik mempermainkan Batman dan seisi kota Gotham dengan mengikuti segala ‘permainan-nya’.

Kemampuan akting Heath Ledger sangat luar biasa di film ini. Bahkan denger denger nih, untuk membantunya memperdalam peran Joker, Doi rela mengasingkan dirinya di sebuah apartemen hingga beberapa bulan tanpa berkomunikasi dengan siapapun!. Totalitasnya membuat dirinya diganjar oleh penghargaan bergengsi Golden Globe Awards 2009 dan Piala Oscar 2009 sebagai pemeran pembantu pria terbaik. Namun sayang, Ledger keburu ditemukan tewas sebelum mendapatkan semua penghargaan itu. Banyak yang menduga kematian Heath Ledger seusai pembuatan film ini diakibatkan dia terlalu mendalami perannya sebagai Joker. Demikian dahsyatnya figur Joker sampai ada beberapa yang mengatakan, “Jika super-villains ingin saling menakuti, mereka akan menceritakan kisah Joker”.

1. Sauron

Lord-of-Rings-Sauron

Dan yang terakhir, yang menurut saya musuh dari segala musuh adalah Sauron. Sauron adalah tokoh fiktif dari trilogy film The Lord of the Ring (2003). Dia murni jahat dan hanya memiliki satu tujuan utama, yaitu membinasakan umat manusia agar bisa menguasai Middle Earth. Satu juta pasukan Orc, Uruk-Hai, Nazgûl, Wraith, Trol, dan Manusia tunduk dibawah kekuasaannya. Raga Sauron sebenarnya sudah mati, tapi karena kesaktiannya, dia membentuk dirinya dalam suatu menara bernama Barad-dûr atau menara kegelapan.

Kekuatan Sauron bertumpu pada satu cincin yang dibawa oleh Frodo Baggins cs. Jika cincin ini dihancurkan, maka kekuatan Sauron yang maha besar akan musnah. Ini menjadikan tugas berat yang diemban oleh Frodo cs untuk bisa menghancurkan cincin di Gunung Doom. Gunung yang berada di tengah tengah Mordor. Untuk menambah kekuatannya, Sauron bersekutu dengan Saruman sebagai persekutuan dua menara yang kuat.

 Nah, mana tokoh villian favoritmu?

2 comments

Tinggalkan komentar